Jumat, 13 November 2009

Tugas Analisa Sistem Informasi

Analisa Sistem Informasi


Identifikasi masalah

Problem pada pelayanan pemesanan tiket secara online pada perusahaan penerbangan XYZ.

Penyebab masalah:

Pelayanan Boking / pemesanan tiket melalui layanan e_booking pada perusahaan penerbangan XYZ ternyata terlalu sulit diaplikasikan oleh calon penumpang dari maskapai itu sendiri. Selain prosesnya yang tidak efisien dan terkesan tidak praktis atau berbelit.

Alur pemesanan tiket pada layanan e_booking maskapai penerbangan XYZ adalah sebagai berikut:

Calon penumpang diwajibkan untuk mengunjungi situs resmi maskapai penerbangan XYZ, setelah calon penumpang mengunjungi situs tersebut, maka calon penumpang harus mengisi dengan lengkap dan benar e_form yang ditujukan untuk pelayanan e_booking.

Setelah data terisi dengan lengkap maka calon penumpang dapat membayar tagihan sesuai dengan tiket yang telah dipesan secara on_line via credit card.

Setelah transaksi didunia maya selesai, calon penumpang harus segera chek validasi tiket dengan cara mengecek melalui situs web yang sama dan apakah code booking ticket telah diberikan.atau belum.

Jika code telah diketahui, calon penumpang dapat segera melakukan chek in saat tiba dibandara. Sama dengan system sebelumnya, cara ini menurut saya kurang praktis dan terkesan tidak efektif.



Solusi yang dapat diaplikasikan:

Solusi yang dapat di gunakan untuk mengatasi beberapa masalah diatas, merupakan suatu usulan dan tanggapan atas kekurangan dari system yang digunakan. Perubahan system saya rasa kurang mendukung untuk diaplikasikan karena akan memakan biaya yang cukup besar. Namun bila seluruh alur system diperbarui akan menghasilkan suatu system yang lebih baik.

Dalam hal booking via internet, hal yang perlu di perbaiki adalah system authentification yang rumit. Sebaiknya system ini di analisis lebih lanjut dan setidaknya dapat diatasi dengan menggunakan system barcoding yang dapat digunakan untuk validasi code booking. Serta pencetakan tiket baiknya dapat dilakukan dibanyak tempat yang memiliki fasilitas internet dan printer. Sehingga pelanggan tidak perlu antree di mesin pencetak tiket.



Seperti itulah gambaram yang dapat saya berikan untuk memoperbaiki system tersebut. Untuk kekurangannya agar dapat dimaklumi.

0 komentar:

Posting Komentar