Selasa, 18 Mei 2010

PROSEDUR SISTEM USULAN

1. Prosedur Pemesanan Barang
Pada proses ini, Customer memesan barang melalui fax dengan mengirimkan Formulr pemesanan barang (FPB) ke bagian Sales Suport. Kemudian Sales Suport membuka file Customer bagi Customer yang biasa membeli sedangkan bagi Customer baru atau yang belum pernah membeli barang, biasanya penawaran melalui telepon, dengan meminta data Customer dan disimpan kedalam file Customer Setelah bagian Sales Suport menerima formulir pemesanan barang (FPB) dan disimpan sebagai arsip pemesanan, kemudian bagian Sales Support membuat Formulir Pesanan Customer (FPC) berdasarkan formulir pemesanan barang tersebut. Kemudian Sales Suport membuka data barang yang ada di File Data Barang. Formulir Pesanan Customer (FPC) tersebut terdiri dari dua rangkap : kesatu untuk disimpan sebagai File Pesanan dan kedua untuk diberikan ke bagian Distribution, sebagai bukti adanya pemesanan barang.
2. Prosedur Pengiriman Barang dan Pembayaran
Pada proses ini, setelah bagian Distribution menerima Formulir Pesanan Customer (FPC) dan mempersiapkan barang pesanan Customer, kemudian bagian Distribution membuat Surat Jalan (SJ) yang terdiri dari empat rangkap : kesatu untuk diberikan ke Customer, kedua untuk bagian Sales Suport, ketiga untuk bagian Finance Manager, dan keempat untuk File bagian Distribution. Setelah bagian Finance Manager menerima Surat Jalan (SJ), kemudian bagian Finance Manager membuat Invoice. Kemudian Invoice dan Surat Jalan tersebut dijadikan satu dan diserahkan ke bagian Distribution, untuk dibawa ke Customer beserta barang pesanan. Setelah Customer menerima Surat Jalan, Invoice dan ditandatangani oleh Customer, dan Customer melakukan pembayaran secara tunai, kemudian Invoice-acc dan uang tunai tersebut dibawa kembali oleh bagian Distribusition yang nantinya akan serahkan kepada bagian Finance Manager sebagai bukti pembayaran yang kemudian dimasukan kedalam File Pembayaran.
3. Proses Pembutan Laporan
Pada proses ini, bagian Finance Manager membuat laporan Penjualan berdasarkan data – data yang ada pada File Pembayaran dan File Pesanan, laporan tersebut akan dicetak untuk diserahkan kepada Direktur setiap satu bulan.

0 komentar:

Posting Komentar